Rabu, 18 Februari 2009

A story about TUYUL

Entah kenapa, tadi waktu ngantri asistensi tugas PBPAB (Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Buangan) sama Pak Wahyono, tiba2 terpikir aja mau mosting about something. Do u know what kind of something i thought about that time? Yep, tiba2 kepikiran buat mostingin tentang T.U.Y.U.L. Yeah.. suddenly want to know more aja about makhluk yang selama ini dideskripsikan gundul dan hanya bercelana dalam itu. Setelah searching sana-sini via mbah google, akhirnya saya nyasar di sebuah blog nyeleneh yang membahas tentang dunia persetanan nasional.. Dan saya nyomot salah satu foto tentang tuyul yang terpajang dengan manis di halaman blog itu..
C'mon prenz...liat tuh foto tuyul di atas...nyeremin banget... gak seperti yang selama ini saya bayangin... masa' cuma secuprit gitu yah? mana warnanya item lagi... ngeri banget ngeliatnya.. hiii...
Anyway, supaya saya gak dituduh asal nyomot, maka saya pampang terang-terangan tuh alamat blog di bawah ini.. Enak kan? dapet media promosi gratis lewat blog-Q..hehehe http://endragu.wordpress.com/2009/01/24/setanpedia-bagian-1/ (tapi..setelah saya ngeliat google lagi, ternyata uakeh juga yang pake gambar itu..hohoho...gak papa wes...terlanjur nulis..)

BTW, here it is.. some infos about T.U.Y.U.L

dari http://id.wikipedia.org/wiki/Tuyul
Tuyul (bahasa Jawa: thuyul) dalam mitologi Nusantara, terutama di Pulau Jawa, adalah makhluk halus berwujud anak kecil atau orang kerdil dengan kepala gundul. Penggambaran lainnya yang tidak disepakati semua orang adalah kulit berwarna keperakan, bersifat sosial (dalam pengertian memiliki masyarakat dan pemimpin), serta bersuara seperti anak ayam. Tuyul dapat dipekerjakan oleh seorang majikan manusia untuk alasan tertentu, terutama mencuri (uang). Untuk menangkal tuyul, orang memasang yuyu di sejumlah sudut rumah karena tuyul dipercaya menyukai yuyu sehingga ia lupa akan tugas yang dibebankan pemiliknya. Wkwkwkw..cara penangkalan yang mudah dan murah meriah.. tapi kenapa harus yuyu ya?? Bagaimana kalo PS 2, PS 3 atau malah PSP sekalian? Masa' tuyul gak ngikutin jaman? Kira2 dy doyan maen PS kayak anak2 jaman sekarang gak ney?

Kejadian tuyul dipercaya berasal dari janin orang yang keguguran atau bayi yang mati ketika lahir. Karena berasal dari bayi, karakter tuyul juga seperti anak-anak: gemar bermain (seperti laporan orang melihat sejumlah tuyul bermain pada tengah malam, dsb.).

dari http://endragu.wordpress.com/2009/01/24/setanpedia-bagian-1/

Tuyul, adalah salah satu mahluk gaib yang sering ditampilkan dalam cerita fiksi Indonesia. Dan dalam berbagai film atau gambar, tuyul digambarkan sebagai mahluk halus berwujud anak kecil dan kerdil, perawakannya gundul, dan ciri khas dari tuyul adalah mahluk ini suka mencuri.
Tuyul bekerja pada seorang majikan untuk alasan tertentu. Tuyul disini memiliki sifat yang sama dengan balita pada umumnya. Adapun tuyul memiliki sifat yang sama seperti anak-anak normal biasa dimana dia harus mencari induk semangnya sebagai ibu kandungnya. Tuyul diceritakan sebagai bayi yang mati baru beberapa bulan lalu dibangkitkan oleh dukun untuk tujuan-tujuan tertentu yang tidak baik

Dalam berbagai macam film tuyul dijelaskan sebagai sebuah roh suruhan dari induknya guna mencari kekayaan dengan cara mencuri dari orang-orang kaya atau yang disuruh induk semangnya. Tuyul adalah salah satu folklore dari pulau jawa disamping kuntilanak, genderuwo, banaspati, dsb.

cara memanggil Tuyul
ada beberapa sumber yang belum jelas kepastiannya, namun dari beberapa sumber tersebut menyatakan bahwa cara memanggil tuyul harus dengan berbagai macam sesembahan dan adanya beberapa perjanjian yang diharuskan untuk mengikat antara pemilik tuyul dengan tuyulnya sendiri.
menurut salah satu sumber yang tidak bisa saya sebutkan, salah satu isi perjanjian majikan dengan si tuyul adalah harus berhubungan badan dengan tuyul tersebut setiap malam tertentu.

Hmm.. ada juga niy satu perjanjian yang kalo gak salah pernah saya baca di novel gila nya raditya dika.. yang judulnya apa ya? saya lupa sih... yang jelas, katanya kalo melihara tuyul, istri si pemelihara atau pemelihara itu sendiri (kalo dy cewek) harus rela netekin si tuyul tiap si tuyul pengen... iiihhhhhh... masa' iya rela berbagi tetek istri ma tuyul demi dapet duit copetan?? ogah ah...

Oiya, parahnya lagi ney.. ak malah nemuin situs penjual tuyul , hoh.. dasar dunia tambah gila..

di situs itu, dikatakan harga tuyulnya dipatok RP 5 juta.. harga tuyul di situ gak disebut sebagai 'harga' tapi 'mahar'. Dooh.. kayak orang mau nikah aja.. Situs itu juga jualan memet. Apaan tuh memet? Ternyata memet adalah sejenis tuyul namun memiliki kecepatan lari yang lebih tinggi. Bahkan para 'orang pintar' pun banyak yang ngaku kesulitan nangkap memet. Katanya siy..nangkap memet ini butuh ilmu khusus. Mahar untuk si memet ni dipatok pada kisaran Rp 15 juta. Whew.. ngalah2in harganya Blackberry atau Laptop Mac.

Oiya, tuyul2 yang dijual situs ini katanya gak doyan yoyo ataupun netek.. Katanya, tuyul yang dijual di situs itu hanya butuh darah manusia golongan O/AB sebanyak 5 tetes. Itupun jika mereka akan 'dipekerjakan' nyuri duit. Waahh.. apa gak takut tuh? Di situs ini juga nyaranin gak usah takut, ktanya darahnya bisa dibeli di PMI. WHAT???? Niat mulia para pendonor darah diselewengkan untuk T.U.Y.U.L!!! Hei para pendonor darah, terima kagak niy??? Aku siy jelas gak terima!! Trus lagi, kalo tiba2 PMI kehabisan stock misalnya, dan si pemelihara ternyata bergolongan darah AB/O? Lhak ya harus netesin darahnya demi si tuyul tho? Woo.. duh..kok ya ada ya yang saking kepingin kaya rayanya mpe rela berbuat hal-hal nyeleneh kayak gini?? Apa cara halal dan lebih rasional untuk menjadi udah ga jaman lagi yak?

Parahnya lagi, nih situs malah ngasih tip&teknik melihara tuyul..ckckckck..(geleng-geleng kepala). Ini nih tips n tekniknya:

Jangan Menyuruh Mencuri Uang di Bank Kenapa ? Karena di Setiap Bank Lokal / Internasional, Memiliki Parewangan / Jin Penjaga.

Jangan Menyuruh Mencuri Uang di Lingkungan Tempat tinggal kita Kenapa ? Karena Jika ada yang Tau kita bisa Malu dibuatnya.

Jangan Menyuruh Mencuri Uang di Toko Emas Kenapa ? Karena disetiap toko Emas Terdapat Jimat Tolak Bala.

Suruhlah Mencuri di Tempat Perbelanjaan / Mall Kenapa ? Karena ditempat seperti itu Banyak peluang dan aman dari Penjaga ghaib

Suruhlah Mencuri di Tempat Penarikan Uang / ATM yang terdapat dilingkungan Perbelanjaan / Mall Kenapa ? karena ditempat seperti itu banyak sekali mangsa yang lengah dan sangat aman dari penjaga ghaib.

Wooo kalo gitu kita harus jaga baik2 duit dan harta kita waktu di mall dan ATM!! Sialan, nyuruh tuyul beroperasi di ATM lagi!! HATI-HATI KAWAN !!!


Dan okelah, postingan ini saya akhiri dengan memajang salah satu foto penampakan tuyul yang tertangkap kamera sedang berada di belakang seorang gadis yang sedang berfoto. Ini dy... Hii.. serem juga seeeh..

2 komentar:

  1. cerita sangat menarik bikin saya penasaran, saya tunggu cerita yang lebih seremnya kawan

    BalasHapus
  2. doh banyak banget yang ngunjungi nih artikel tapi gak ada yang mau komennnn .. piye toh???

    BalasHapus